Optimasi Layanan Perpustakaan Pintar Dengan Menerapkan Near Field Communication (NFC) Pada Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) (Studi Kasus : AMIK “Tri Dharma” Pekanbaru)

AMIK Tri Dharma Pekanbaru

  • Gusrio Tendra
Keywords: Perpustakaan, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Smart Card, Near Field Communication (NFC)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem layanan perpustakaan pintar yang akan mempermudah mahasiswa dalam melakukan peminjaman dan pengembalian buku tanpa harus secara langsung berinteraksi dengan pustakawan. Dengan sistem ini nantinya mahasiswa hanya perlu membawa KTM yang telah diaplikasi dengan NFC Tag. Dimana mahasiswa hanya perlu menscan KTM pada NFC Reader dan secara otomatis sistem akan membaca data mahasiswa yang bersangkutan, apakah mahasiswa yang bersangkutan aktif atau tidak, jika terdaftar sebagai mahasiswa aktif barulah mahasiswa dapat melakukan peminjaman buku. Untuk melakukan peminjaman buku sistem juga akan membaca data pada database secara otomatis apakah mahasiswa yang bersangkutan telah melakukan peminjaman buku dan belum mengembalikan, serta menerima denda atau tidak. Jika mahasiswa diperbolehkan oleh sistem untuk dapat meminjam buku, maka mahasiswa hanya tinggal menscan buku yang akan dipinjam pada nfc reader dan secara otomatis sistem akan menyimpan data peminjaman buku. Sementara untuk proses pengembalian buku mahasiswa hanya tinggal membawa buku yang dipinjam sebelumnya, lalu menscan Ktm dan menscan NFC yang ada pada buku untuk dikembalikan.

References

Irianto, I. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa Online di STMIK Royal Kisaran. Jurteksi, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v4i1.4
Indriani, D. (2015). Sistem Pembuatan KTM di PSM Kalimalang Universitas Gunadarma Prod uction System of Student ’ s Identity Card in PSMA of J Campus, Kalimalang, Gunadarma.
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 20(1), 1–10. (2015). Sistem Presensi Perkuliahan Dengan Kartu Mahasiswa Menggunakan Barcode. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 4(2), 25–30.
Gunawan, E. C. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu (SIPEMAT) Untuk Layanan Informasi dan Administasi Kependudukan di Kelurahan “X” dan Kecamatan “Y” Eddy Christian Gunawan. Calyptra Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–15.
Gustari, R., & Fatimah, D. D. siti. (2017). Perancangan Sistem Pembaca Kartu Mahasiswa Berbasis Radio Frequency Identification. Stt-Garut All Right Reserved, 14(2), 294–301.
Fadlil, A., Firdausy, K., & Hermawan, F. (2008). Pengembangan Sistem Basis Data Presensi Perkuliahan Dengan Kartu Mahasiswa Ber-Barcode. TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control), 6(1), 65. https://doi.org/10.12928/telkomnika.v6i1.552
Tjahjana, A., & Irawan, D. (2010). Sistem Smart Class Room Berbasis Smart Card Dan Bahasa Pemrograman C ++. Snati 2010, 2010(Snati), 1–7.
Hardi, R., & Hardianto. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Kerangka Pieces (Studi Kasus Perpustakaan Stitek Bontang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), 15–21. http://sinta.ukdw.ac.id
Published
2019-10-31