Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Multimedia : Studi Kasus Videografi

Universitas Lancang Kuning (UNILAK)

  • Ahmad Zamsuri, Fadli Suandi, Rizki Novendra
Keywords: Augmented Reality, Modul Ajar, Pelacakan

Abstract

Pengaplikasian AR (augmented reality) saat ini semakin berkembang dan diadopsi oleh berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. AR dapat dikombinasikan dengan bahan ajar konvensional seperti buku untuk memberikan pengalaman dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi yang ingin disampaikan. Penelitian ini memanfaatkan teknologi AR yang digunakan dalam modul ajar perkuliahan multimedia yang membahas materi videografi. Dari hasil penelitian didapati bahwa modul ajar yang dicetak pada kertas putih lebih baik dalam pelacakan AR pada jarak tertentu dibandingkan dengan modul yang dicetak pada kertas buram. Kemiripan antar marker satu dengan yang lainnya juga membuat aplikasi menampilkan ketidaksesuaian objek dengan markernya.

References

Jung, Timothy and M. Claudiatom Dieck. 2018. Augmented Reality and Virtual Reality Empowering Human, Place and Business. Manchester: Springer International Publishing
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Stndar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Riyanto, Singgih, S.R. 2015. Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet. JUITA, 3(4), 187-192.
Wulansari, O.D.E., Zaini, T.M., Bahri, B. 2013. Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika Institute Darmajaya. 13(1).
Afdal, M., Irsyad, M., Yanto, F. 2018. Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Lapisan Permukaan Bumi Berbasis 3D. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 4(1). 1-10.
Hanan, R.A., Fajar, I., Pramuditya, S.A. 2018. Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika II Unswagati.
Amir, Isnawati. 2017. Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality (AR) pada Konsep Sistem Pencernaan. Tesis. Universitas Negeri Makassar : Makassar
Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi. Andi Publisher
Glover, Jesse. 2018. Unity 2018 Augmented Reality Projects. Packt Publishing
Lavieri, Edward. 2018. Getting Started with Unity 2018. Packt Publishing
Published
2019-10-31