PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE

AMIK Mahaputra Riau

Penulis

  • Julianto Simatupang, Setiawan Sianturi AMIK Mahaputra

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v3i2.56

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Pemesanan Tiket Bus

Abstrak

Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat ini, pemesanan tiket bus masih banyak dilakukan secara manual, cara ini kurang efektif dan efisien. Pada umumnya, prosedur atau metode yang digunakan saat ingin membeli tiket bus adalah datang langsung ke loket yang ada di terminal ataupun pada agen. Permasalahan yang sering terjadi adalah penumpang sering kehabisan tiket pada saat datang ke loket karena kurangnya informasi tentang jadwal keberangkatan. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai sistem pemesanan tiket bus yang sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Tujuannya untuk membangun sistem informasi pemesanan tiket berbasis online, dengan menerapkan siklus hidup pengembangan sistem yaitu metode waterfall. Dengan adanya sistem informasi pemesanan tiket bus ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas agar pelayanannya menjadi lebih baik dibanding dengan sistem yang terdahulu.

Referensi

Idris, Imani, L. 2017. Sistem informasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web Pada Po.Karunia Bakti.
Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta
Jogiyanto, 2017. Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Rosa dan Salahudin, 2016. Rekayasa Perangkat Lunak.
Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Penerbit Andi.
Adi Sulistyo Nugroho. 2017. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, 2019.
Paryati, Aplikasi Sistem Informasi Tiket Pesawat Terbang Di PT. Garuda Indonesia Berbasis Web, Indonesian Jurnal onComputer Science – Speed (IJCSS) 22 Mei 2010 ISSN : 1979-2328.
Ganda Yoga Swara, Yunes Pebriadi. Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop berbasis Web, 2016.
Mara Destiningrum, Qadhil Jafar AdrianSistem informasi penjadwalan Dokter berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre), 2017.
Indra Irawan. Pengembangan Sistem Informasi Tagihan (Billing System) Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang Kampar, 2018.

Diterbitkan

31-10-2019

Cara Mengutip

Setiawan Sianturi, J. S. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE: AMIK Mahaputra Riau. Journal Intra Tech, 3(2), 11–25. https://doi.org/10.37030/jit.v3i2.56