Perancangan Sistem Informasi Tingkat Kepuasan Pelayanan Nasabah Pada PT Pegadaian CP Panam Berbasis WEB

AMIK Mahaputra Riau

  • Muhammad, Wulan Kumala Sari AMIK Mahaputra Riau
Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan, Tingkat Kepuasan.

Abstract

Layanan adalah salah satu faktor keberhasilan didalam meningkatkan kualitas dan quantitas sebuah perusahaan. karena dengan memberikan layanan yang baik, maka nasabah akan merasa nyaman dan percaya terhadap sebuah perusahaan tersebut. Tingkat kepuasan layanan nasabah merupakan masalah utama pada PT Pegadaian CP Panam pada saat ini, karena PT Pegadaian CP Panam didalam melakukan proses layanan kepada nasabah, masih belum mempunyai tolak ukur sebagai acuan bagi karyawan didalam melayani nasabah. Sebagai contoh, layanan terhadap nasabah didalam proses layanan, yang mana karyawan memberikan nomor antrian kepada nasabah atau calon nasabah, kemudian nomor antrian tersebut juga tidak dibedakan antara nasabah yang hanya ingin mendapatkan informasi tentang gadai dengan nasabah yang akan melakukan transaksi kredit gadai. Sehingga nasabah menunggu lama untuk mendapatkan informasi atau melakukan transaksi yang mereka inginkan. Maka dibutuhkan suatu perubahan didalam melakukan pelayanan kepada nasabah dengan cara membangun sebuah sistem informasi tingkat kepuasan pelayanan nasabah berbasis web. Agar mempermudah karyawan dalam memberikan informasi kepada nasabah dan mempermudah Pimpinan didalam mengambil keputusan,  sehingga proses pelayanan nasabah menjadi lebih efektif dan efesien.

References

Hermawan, Rudi, Arif Hidayat dan Victor Gayuh Utomo. Sistem Informasi PenjadwalanKegiatan Belajar Mengajar Berbasis WEB. 2015. Hal 1-7.
Sulianta, Feri, Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi, ANDI,Bandung, 2017.
Sutabri. Tata, Sistem Informasi Manajemen, ANDI , Jakarta, 2016.
Karniawati, J., Seno, A., & Chalid, S., 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Volume 14, Nomor 3.
Panjaitan, J.E., & AI, L.Y., 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen. Vol.11, No.2.
Rahmad, M.B. dan Setiady, T, 2014. Perancangan sistem merupakan salah satu unsur atau tahapan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi.
Hendini, A. 2016. Activity Diagram menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis.
Agung, R., Guslendra, et al. 2019. Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan dan Rekam Medis pada Klinik Dirmiati Palapa Menggunakan Visual Basic dan MySQL.
Sri, W.U. dan Herwindo, H. 2013. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Kantor Cabang PT Pegadaian (Persero)
Addis, A.H, dan Emma, Y. 2013. Peran Kualitas Jasa pada Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas dan Niat Beralih Nasabah PT Pegadaian di Surabaya.
Published
2019-10-31