SIMULASI ANIMASI DUA DIMENSI UNTUK PEMILIH PEMULA DALAM INFORMASI TATA CARA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

AMIK Selatpanjang

Penulis

  • Adhamdi Tria Putra Abza AMIK Selat Panjang

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v3i1.43

Kata Kunci:

Animasi, Simulai, Pemilih Pemula

Abstrak

Animasi dua dimensi merupakan perubahan efek gerak atau efek bentuk selama beberapa waktu. Realisasi nyata dalam berkembangnya animasi dua dimensi berupa film kartun, iklan animasi, permainan dan simulasi. Pentingnya informasi kepada pemilih pemula yang tidak pernah melakukan pemilihan umum kepala daerah merupakan tugas utama KPU Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memperkenalkan kepada masyarakat betapa pentingnya berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Dalam melaksanakan suatu sosialisasi untuk menyampaikan materi, penggunaan power point pada sebagian masyarakat masih sulit untuk dipahami karena penyampaian informasi yang kurang menarik. Penggunaan media simulasi tentunya akan membuat informasi yang disampaikan kepada masyarakat lebih jelas terutama langkah-langkah dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dengan menggunakan metode multimedia luther-sutopo, informasi yang diterima oleh masyarakat menjadi berkualitas karena metodologi yang digunakan merupakan modifikasi konsep circle yaitu konsep, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dengan adanya media simulasi untuk pemilih pemula dalam pemilihan umum bupati di Kabupaten Kepulauan Meranti, akan tercapai pemahaman dari pemilih pemula untuk mengetahui tata cara pemilihan umum bupati dan mengurangi tingkat golput atau tidak menggunakan hak pilihnya.

Referensi

Siswo et al., (2014). Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Administrative Reform, 2(1), 1186–1198.

Chandra, et al., (2017). Perancangan Animasi 2D Tentang Pemanfaatan Gadget Sebagai Sarana Informasi Mengenai Pasangan Calon Kepala Daerah dalam Upaya Mengurangi Angka “Golput” pada Pilkada 2017.
Rosalina, et al., (2018). Pengembangan Animasi Berbasis Simulasi Molekul pada Metode Kromatografi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2).
Waeo, et al., (2016). Implementasi Gerakan Manusia pada Animasi 3D dengan Menggunakan Metode Pose to Pose, Jurnal Teknik Informatika, 9(1),1-8.
Nurhasanah, YI & Destyany, S. (2011). Implementasi Model CMIFED pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup. Jurnal Informatika, 2(2), 1–12.

Diterbitkan

30-04-2019

Cara Mengutip

Abza, A. T. P. (2019). SIMULASI ANIMASI DUA DIMENSI UNTUK PEMILIH PEMULA DALAM INFORMASI TATA CARA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO: AMIK Selatpanjang. Journal Intra Tech, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.37030/jit.v3i1.43