PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PELATIHAN PADA BALAI LATIHAN MASYARAKAT PEKANBARU BERBASIS WEB

AMIK Mahaputra Riau

Penulis

  • Fitri Ayu , Ledyana Manalu AMIK Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v4i1.68

Kata Kunci:

Balai Latihan Masyarakat, Pengolahan Data, Sistem Informasi, Web

Abstrak

Kantor Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru merupakan instansi yang memiliki fungsi salah satunya sebagai pelaksana pelatihan masyarakat desa, daerah tertinggal, daerah tertentu, transmigrasi dan calon transmigrasi. Selama ini, pencatatan atau penyimpanan data di kantor Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru masih dalam bentuk manual dan terletak pada masing – masing Panitia. Kegiatan yang dilaksakan di kantor Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru yang saling berkaitan satu dan lainnya menuntut ketersediaan data yang dapat diakses setiap saat. Tidak tersedianya data yang bisa diakses setiap saat dapat memperlambat rangkaian pekerjaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar data dan informasi yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan akan lebih baik dan efesien tidak lagi menggunakan cara yang konvensional tetapi sudah berbasis komputerisasi, sehingga ketika data dibutuhkan sewaktu-waktu akan mudah dalam pencariannya. Sistem informasi berbasis web ini dirancang pada perguruan tinggi AMIK Mahaputra Riau yang dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP, serta MySql sebagai databasenya. Dengan penelitian ini menghasilkan perancangan dan aplikasi sistem informasi pelatihan masyarakat pada kantor Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru, yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah dalam penyajian informasi dan pengolahan data pelatihan.

Referensi

[1] Alatas, Husein. 2013. “Responsive Web Design dengan PHP & Bootstrap”. Loko Media Yogyakarta.
[2] BLM Pekanbaru. “Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru”. [Online] Available https://www.BLM_Pekanbaru.Kemendesa.go.id/,diakses februari 2018.
[3] Pasaribu dan Mauliddiya. 2015. “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Diklat Pelatihan Tenaga Kerja pada Balai Latihan Kerja Provinsi Sumatera Utara Berbasis Client Server".
[4] Khuswatul Nur Fadhilah dan Sugeng Wahyudiono. 2017. “Sistem Informasi Pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Magelang”. Jurnal TRANSFORMASI, Vol. 13, No. 2, Desember 2017 : 69 – 75
[5] Lesmana, M. Fauzi. 2018. “Sistem Informasi Pelatihan Masyarakat pada Kantor Balai Latihan Masyarakat Makassar”. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
[6] Flanagon, David. 2011. ”Javascrip: The Devenitive Guide”. Orelly Media Inc. United States of America.
[7] Group, Object Manajement. “Unifiled Modelling Languange (UML)”. [Online] Available https//www.omg.org/, diakses 20 April 2018.
[8] Imansyah, Muhammad. “PHP dan Mysql Untuk Orang Awam”. Maxikom. Palembang. 2013
[9] Kristianto Andri. 2018. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Yogakarta : Gava Media
[10] Sutabri, Tata. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Andi.

Diterbitkan

21-04-2020

Cara Mengutip

Ledyana Manalu, F. A. ,. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PELATIHAN PADA BALAI LATIHAN MASYARAKAT PEKANBARU BERBASIS WEB: AMIK Mahaputra Riau. Journal Intra Tech, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.37030/jit.v4i1.68