SISTEM INFORMASI LAYANAN PESERTA KELUARGA BERENCANA PADA KLINIK BIDAN ROSLAINI BERBASIS WEB

AMIK Mahaputra Riau

Penulis

  • Sinta Maria, Sifa Febrianty Lubis Amik Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v4i2.83

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Pelayanan, Keluarga Berencana

Abstrak

Program KB (Keluarga Berencana) adalah suatu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Namun tanpa pelayanan yang baik proses KB tidak akan berjalan dengan lancar. Pada saat ini proses pelayanan peserta KB (Keluarga Berencana) dilakukan dengan cara manual yaitu, semua proses pelayanan KB (Keluarga Berencana)   masih dilakukan dengan mencatat di kertas, sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam pelaksanaannya seperti pengisian formulir, setelah peserta mengisi formulir lalu bidan juga akan menulis data diri peserta di buku besar, terdapat penumpukan antrian yang menyebabkan tidak efisiennya pelayanan, pendataan ibu yang harus melakukan KB rutin bulanan atau jangka waktu yang ditentukan  masih belum ada sehingga tak jarang ibu yang melakukan KB sering terlambat melakukan pengecekan. Pembangunan sistem informasi layanan peserta KB dibuat  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mysql sebagai penyimpanan datanya, dengan pembangunan aplikasi ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada proses pelayanan KB. Masyarakat dapat mengefisienkan waktu yang digunakan untuk mengantri dan mengisi formulir dengan kegiatan yang lain dan dapat menggunakan waktu dengan maksimal, calon peserta KB (Keluarga Berencana) akan lebih mengetahui informasi seputar  KB (Keluarga Berencana), produk-produk KB (Keluarga Berencana), dan efek samping dari produk KB (Keluarga Berencana)  yang digunakan. Sistem informasi berbasis web ini memiliki keunggulan diantaranya dapat diakses kapan saja dan dimana saja serta mampu meningkatkan efesiensi dan efektifitas kerja pihak-pihak yang terkait. Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan kertas, sehingga klinik dapat menekan biaya pengadaan kertas.

Referensi

Ayu, F dan Fitri, N.,2019. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Wedding Organizer Online. Vo. 3, No. 2.
Fahrozi, Wirhan. dan Harahap, B,C., 2018. Sistem Informasi Transparansi Nilai Mata Kuliah Berbasis Web. Vo. 2, No. 1.
Ferdika, M, dan Kuswara, H., 2017. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era makmur Cahaya Damai Bekasi, Vol. 1, No. 2.
Hermawan, R, 2016., Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang). Vol. 2, No. 1.
Muhammad & Sari, K.W., 2019. Perancangan Sistem Informasi Tingkat Kepuasan Pelayanan nasabah pada PT Pegadaian CP Panam Berbasis Web. Vol. 3, No. 2.
Poipessy, A, A. dan Umasangadji, Mirna., 2018. Pembuatan Jadwal Kerja Karyawan Berbasis Web Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kalumata Ternate. Vol. 3, No. 1.
Putri, A, V. dan Fatmasari, D., 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart Di Kelurahan Srondol Wetan Semarang. Vol. 3, No 5.
Sari, E., 2019. Keluarga Berencana Perspektif Ulama Hadis. Vol. 6, No. 1.
Simatupang, J dan Sianturi, S., 2019. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus pada PA. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech, Vol. 3, No. 2.
Sukrianto, Darmanta. dan Agustina, Siti., 2018. Pemanfaatan SMS Gateway Pada Sistem Informasi Absensi Siswa Di SMA 12 Pekanbaru Berbasis WEB. Vol. 2, No. 2.

Diterbitkan

26-10-2020

Cara Mengutip

Sifa Febrianty Lubis, S. M. (2020). SISTEM INFORMASI LAYANAN PESERTA KELUARGA BERENCANA PADA KLINIK BIDAN ROSLAINI BERBASIS WEB: AMIK Mahaputra Riau. Journal Intra Tech, 4(2), 47–59. https://doi.org/10.37030/jit.v4i2.83