Sistem Keamanan Jaringan Komputer Metode Network Intrusion Detection System Di Kantor Setwan

AMIK Selat Panjang

Penulis

  • CL Ari Setiawan, Zulfikri, Adhamdi Tria Putra Abza AMIK Selat Panjang

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v4i2.82

Kata Kunci:

Network Base Intrusion Detection System, Snort, BASE

Abstrak

Gangguan keamanan dapat dibagi menjadi dua kategori, gangguan internal dan gangguan eksternal. Gangguan internal terjadi dari pihak yang sudah mengetahui kondisi jaringan, dan gangguan eksternal terjadi dari pihak yang sengaja ingin menjatuhkan dinding keamanan. Gangguan keamanan yang terjadi pada tempat yang menjadi studi kasus ini terjadi dari pihak internal yang ingin menjatuhkan sistem kerja jaringan dan ingin mencoba ketahanan dan keamanan jaringan yang ada pada tempat tersebut. Dengan menggunakan teknik NIDS (Network Base Intrusion Detection System) hal tersebut dapat diatasi dengan cara mengenali setiap pola serangan yang dilakukan oleh intruder. Untuk mendeteksi setiap gejala serangan tersebut, sistem menggunakan pola pengenalan terhadap source yang didapat dari pihak yang dianggap ancaman dalam sistem jaringan komputer. Penulis menggunakan Snort, Barnyard dan BASE yang diimplementasikan pada mesin sensor berbasis open source. Keseluruhan sistem dibangun dalam sistem LAN yang merepresentasikan sistem produksi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh penyerang terhadap jaringan dapat diketahui oleh mesin sensor, sehingga dapat dilakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan data yang lebih luas.

Referensi

Abdul Fadlil, Imam Riadi & Sukma Aji, 2017. Pengembangan Sistem Pengaman Jaringan Komputer Berdasarkan Analisis Forensik Jaringan, Volume 3, Nomor 1.
Bhisma Sharma, Karan Bajaj, 2017. Packet Filtering using IP Tables in Linux. Volume 8, Nomor 4.
Fariz Alwafi, 2015. Analisis dan Implementasi Keamanan Jaringan Pada PT. Dae Myung Highness Indonesia, Volume 3, Nomor 1.
Muhammad Suyuti Ma’sum, M. Azhar Irwansyah & Heri Priyanto, 2017. Analisa Perbandingan Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan SNORT dan Netfilter, Volume 5, Nomor 1.
Mr. Sachin Taluja, Pradeep Kumar Verma & Prof. Rajeshwar Lai Dua, 2016. Network Security Using IP Firewalls, Volume 1, Nomor 7.
Oris Krianto Sulaiman, 2016. Analisis Sistem Keamanan Jaringan dengan Menggunakan Switch Port Security, Volume 1, Nomor 1.
Pushpendra Kumar Pateriya & Srijith S. Kumar, 2017. Analysis on Man in the Middle Attack on SSL, Volume 45, Nomor 23.
Putu Riska, Putu Sugiartawan & Ichsan Wiratama, 2018. Sistem Keamanan Jaringan Komputer dengan Menggunakan Metode Port Knocking, Volume 1, Nomor 2.
Realize & Uni Hananti, 2017. Pengaruh Pengguanaan IPTABLES Firewall dan ACID Terhadap Keamanan Jaringan, Volume 3, Nomor 2.
Ridatu Ocanitra & Muhamad Ryansyah, 2019. Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Firewall Security Port pada Vitaa Multi Oxygen, Volume 7, Nomor 1.
Sakshi Sharma, Gurleen Singh & Prabhdeep Singh, 2016. Security Enhancing of a LAN Network Using Hardening Technique, Volume 2, Nomor 3.
Suman Rani & Vikram Singh, 2015. SNORT: An Open Source Network Security Tool for Instrusion Detection in Campus Network Environment, Volume 2, Nomor 1.
Septian Ditama, Wing Wahyu Winarno & Eko Pranomo, 2018. Analisi Jaringan VLAN untuk Mengurangi Congestion & Broadcast Domain di Jaringa Local Area Network (Studi Kasus : SMK Negeri Takeran), Volume 3, Nomor 2.
Sugiono, 2016. Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Metode Watchguard Firebox Pada PT Guna Karya Indonesia, Volume 9, Nomor 1.
Zaeni Miftah, 2018. Simulasi Keamanan Jaringan dengan Metode DHCP Snooping dan VLAN, Volume 11, Nomor 2.

Diterbitkan

26-10-2020

Cara Mengutip

Adhamdi Tria Putra Abza, C. A. S. Z. (2020). Sistem Keamanan Jaringan Komputer Metode Network Intrusion Detection System Di Kantor Setwan: AMIK Selat Panjang. Journal Intra Tech, 4(2), 35–46. https://doi.org/10.37030/jit.v4i2.82